#Task 2: Sistem Informasi Psikologi

1.    Computer Based Information System (CBIS)

CBIS adalah integrasi dari perangkat keras dan lunak serta peran manusia yang didesain untuk memproduksi informasi yang berguna secara akurat, cepat, dan terintegrasi. Digunakan untuk tujuan pengambilan keputusan. (Teach-ict.com)

Computer Based Information System (CBIS) adalah sistem informasi dimana komputer memainkan peranan besar didalamnya. (MBA Knowledge)

CBIS adalah proses mengumpulkan komponen-komponen yang saling berhubungan dan memasukkannya ke dalam sistem secara otomatis yang akan diproses dan menghasilkan output yang berguna untuk menyelesaikan. (Business Information Technology)

2.      Macam-macam CBIS
a.      Management Information System
Memberikan masukan yang akan digunakan dalam proses pengambilan keputusan manajerial. Berkaitan dengan mendukung situasi keputusan terstruktur dengan baik. Kebutuhan informasi khas dapat diantisipasi. MIS lebih peduli dengan fungsi manajemen. MIS dapat digambarkan sebagai sistem informasi yang dapat memberikan semua tingkat manajemen dengan informasi penting untuk menjalankan bisnis halus. Informasi ini harus relevan, tepat waktu, akurat, lengkap dan ringkas dan ekonomis.

b.     Decision Support System
Memberikan informasi kepada manajer yang membuat penilaian tentang situasi tertentu. Mendukung keputusan membuat dalam situasi yang tidak terstruktur dengan baik. Sistem pendukung keputusan membantu manajer yang harus membuat keputusan yang tidak sangat terstruktur, sering disebut keputusan tidak terstruktur atau semi-terstruktur. Sebuah keputusan dianggap tidak terstruktur jika tidak ada prosedur yang jelas untuk membuat keputusan dan jika tidak semua faktor yang harus dipertimbangkan dalam keputusan dapat segera diidentifikasi di muka. Penghakiman dari manajer memainkan peran penting dalam pengambilan keputusan di mana masalah tidak terstruktur. Sistem pendukung keputusan mendukung, tetapi tidak menggantikan, penilaian manajer.
c.      Office Automation System
Office automation system bersifat multi-fungsi, sistem berbasis komputer yang terintegrasi, yang memungkinkan banyak kegiatan kantor yang akan dilakukan dalam mode elektronik. Perkembangan lain adalah sistem komunikasi berbasis komputer seperti surat elektronik yang memungkinkan orang untuk berkomunikasi dalam mode elektronik melalui terminal komputer. Sebuah sistem otomatisasi kantor dapat digambarkan sebagai multi-fungsi, sistem berbasis komputer yang terintegrasi yang memungkinkan banyak kegiatan kantor yang akan dilakukan dalam mode elektronik.

d.     Transaction Processing System
Sebuah sistem pemrosesan transaksi dapat didefinisikan sebagai sistem berbasis komputer yang menangkap, mengklasifikasikan, toko, memelihara, update dan mengambil data transaksi untuk pencatatan dan masukan untuk jenis lain dari CBIS. Sistem Pengolahan Transaksi yang bertujuan untuk meningkatkan kegiatan bisnis rutin di mana semua organisasi tergantung. Sebuah transaksi adalah setiap kejadian atau kegiatan yang mempengaruhi seluruh organisasi. Menempatkan pesanan, pelanggan penagihan, mempekerjakan karyawan dan penyetoran cek adalah beberapa transaksi yang umum. Jenis-jenis transaksi yang terjadi bervariasi dari organisasi ke organisasi.

e.      Expert System
Sistem pakar merupakan bagian dari kategori umum dari aplikasi komputer yang dikenal sebagai kecerdasan buatan. Untuk merancang sistem pakar, salah satu kebutuhan seorang insinyur pengetahuan, seorang individu yang mempelajari bagaimana manusia ahli membuat keputusan dan menerjemahkan aturan ke dalam istilah yang komputer dapat mengerti.

3.      PEMROSESAN
a.       Batch
Batch processing adalah suatu model pengolahan data, dengan menghimpun data terlebih dahulu, dan diatur pengelompokkan datanya dalam kelompok-kelompok yang disebut batch. Tiap batch ditandai dengan identitas tertentu, serta informasi mengenai data-data yang terdapat dalam batch tersebut. Setelah data-data tersebut terkumpul dalam jumlah tertentu, data-data tersebut akan langsung diproses. Contoh dari penggunaan batch processing adalah e-mail dan transaksi batch processing. 

b.      Online
Online processing adalah sebuah sistem yang mengaktifkan semua periferal sebagai pemasok data, dalam kendali komputer induk. Informasi-informasi yang muncul merupakan refleksi dari kondisi data yang paling mutakhir, karena setiap perkembangan data baru akan terus diupdatekan ke data induk. Salah satu contoh penggunaan online processing adalah transaksi online. 

c.       Real-time
Real-time system adalah bagian dari sistem pemrosesan online yang kondisi pengoperasian dari suatu sistemnya, baik perangkat keras dan perangkat lunak dibatasi oleh rentang waktu dan memiliki tenggat waktu (deadline) yang jelas. Contoh dari sebuah sistem waktu nyata adalah sistem pengendali pesawat terbang.

4.      DATABASE
Database atau basis data adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer yang dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi berupa tipe data, struktur data dan juga batasan-batasan data yang akan disimpan.

Proses memasukkan dan mengambil data ke dan dari media penyimpanan data memerlukan perangkat lunak yang disebut dengan sistem manajemen basis data (database management system/ DBMS). DBMS merupakan sistem perangkat lunak yang memungkinkan pengguna database (database user) untuk memelihara, mengontrol dan mengakses data secara praktis dan efisien. Tujuan utama dari DBMS adalah untuk memberikan tinjauan abstrak data kepada pengguna. Jadi sistem menyembunyikan informasi tentang bagaimana data disimpan, dipelihara dan tetap bisa diambil (diakses) secara efisien.


Sumber:
http://www.mbaknol.com/management-information-systems/computer-based-information-systems-and-its-types/
http://www.teach-ict.com/contributors/mark_bebbington/Computer_Based_Information_System.doc
https://bumihijau.files.wordpress.com/2008/01/chapter-1-p2113.doc
http://www.termasmedia.com/65-pengertian/69-pengertian-database.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_waktu_nyata

http://www.gurupendidikan.com/perbedaan-batch-online-real-time-processing-method/

0 comments:

Post a Comment

 

See My Artwork

Universitas Gunadarma

Respect Me, Please

Protected by Copyscape Web Plagiarism Detector

Meet The Author

Next I/O Psychologist | Art, Coffee and Martial Art Lovers | Graphic Designer | Movie Freaks | Sagitarius People