#1 Task : Sistem Informasi Psikologi

*Berikut  jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tugas softskill yang telah saya rangkum dari berbagai sumber dan hasil analisis pribadi saya.*

Pertanyaan pertama, apa itu SISTEM INFORMASI DAN SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI?

Menurut Robert A. Leitch, sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi
yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

Erwin Arbie menjelaskan sistem informasi adalah sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, membantu dan mendukung kegiatan operasi, bersifat manajerial dari suatu organisasi dan membantu mempermudah penyediaan laporan yang diperlukan.

Tafri D. Muhyuzir mengatakan sistem informasi adalah data yang dikumpulkan, dikelompokkan dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah satu kesatuan informasi yang saling terkait dan saling mendukung sehingga menjadi suatu informasi yang berharga bagi yang menerimanya.

Sistem informasi tidak hanya terbatas untuk ilmu komputer saja, sistem informasi juga banyak diaplikasikan dengan ilmu lain seperti sistem informasi akuntansi jika dihubungkan dengan ilmu akuntansi, sistem informasi manajemen jika dihubungkan dengan ilmu manajemen, sistem informasi psikologi jika dihubungkan dengan ilmu psikologi, dan masih banyak jenis sistem informasi lainnya.

Sistem Informasi Psikologi (SIP) jika didefinisikan dari kata-kata penyusunnya, yaitu suatu sistem yang berisi tentang data-data mengenai ilmu psikologi sehingga menjadi informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan.

Salah satu contoh sistem informasi psikologi bisa kita lihat seperti website psychology.org. Website tersebut dapat memberikan banyak informasi mengenai jenjang pendidikan bagi orang yang ingin terjun ke dunia psikologi hingga pemilihan karir. Berikut screenshot yang saya ambil untuk contoh,



Website lain yang dapat dikategorikan sebagai sistem informasi psikologi ada website psychologytoday.com yang memuat berbagai macam artikel mengenai kesehatan mental dan informasi lokasi terapis di kota-kota tertentu. Berikut screenshot websitenya,


  
Pertanyaan selanjutnya, apa itu ARSITEKTUR KOMPUTER DAN STRUKTUF KOGNISI MANUSIA? Apa kaitan antara keduanya? Serta kelebihan apa yang ditawarkan dan kelemahan yang dimiliki ARSITEKTUR KOMPUTER?  Berikut rangkuman jawaban dari semua pertanyaan yang diajukan!

Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer, biasanya mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan eksekusi logis sebuah program.

Struktur kognisi merupakan proses mental yang digunakan individu untuk memproses dan memahami suatu informasi.  Informasi tersebut diolah untuk dipelajari dan diingat sehingga struktur kognisi terkait pada proses mengingat dan pemahaman. Struktur kognisi manusia akan selalu berkembang sepanjang kita masih hidup karena struktur kognisi manusia berasal dari pengalaman-pengalaman yang kita dapat.

Jika mencari keterkaitan antara keduanya, dapat kita simpulkan bahwa arsitektur komputer merupakan hasil ciptaan dan tiruan dari struktur kognisi manusia. Hal ini bisa dilihat dari struktur pengoperasian komputer berupa Input, Process, Output, Memorize. Struktur kognisi manusia juga melakukan input berupa stimulus dari lingkungan yang kemudian diproses untuk diingat atau dikeluarkan sebagai respon, cara kerja ini lah yang ditiru oleh komputer.


Akan tetapi, kelemahan arsitektur komputer dibandingkan struktur kognisi manusia adalah tidak bisa berkembang sendiri. Kalau struktur kognisi bisa berkembang selamanya, maka pada komputer harus dilakukan upgrade pada hardwarenya, hal ini juga menelan biaya yang tidak sedikit. Kelebihannya dibandingkan struktur kognisi pada manusia, menurut saya komputer dapat melakukan multi-tasking lebih baik dari manusia sehingga mempersingkat waktu manusia dalam menyelesaikan masalah.

Sekian jawaban saya mengenai pertanyaan-pertanyaan diatas, semoga memuaskan! *cheers*

Source:
www.alleydog.com
modul dosen SI gunadarma
Laudon, K. P. & J. P. Laudon.(2007). Sistem Informasi Manajemen ed.10 Buku 1. Jakarta: Penerbit Salemba.
analisis pribadi dari berbagai sumber

0 comments:

Post a Comment

 

See My Artwork

Universitas Gunadarma

Respect Me, Please

Protected by Copyscape Web Plagiarism Detector

Meet The Author

Next I/O Psychologist | Art, Coffee and Martial Art Lovers | Graphic Designer | Movie Freaks | Sagitarius People